Robot Pelupa dan Emosional Ternyata Lebih Disukai Manusia

 
Robot Pelupa dan Emosional Ternyata Lebih Disukai Manusia

Manusia lebih tertarik kepada robot yang “manusiawi” (Foto: BBC)

Penelitian Universitas Lincoln, Inggris, menemukan manusia bersikap hangat kepada robot yang membuat kesalahan dan memperlihatkan emosi seperti manusia, seperti kebosanan.

Dalam penelitian itu, robot-robot diprogram untuk melakukan kesalahan dan kemudian reaksi manusia yang terlibat dimonitor.

Temuan ini bisa mempengaruhi rancangan robot masa depan, kata para penelitinya.

Dr John Murray dari Departemen Ilmu Komputer Lincoln dan seorang peneliti S3, Mriganka Biswas, melakukan eksperimen dengan menggunakan tiga robot.

Yang pertama adalah ERWIN, singkatan dari Emotional Robot With Intelligent Network, yang bisa mengungkapkan lima emosi dasar.

Robot kedua diberi nama Keepon, sebuah robot kecil yang dirancang untuk mengkaji perkembangan sosial dengan interaksi pada pada anak, sedangkan yang ketiga MARC (Multi-Actuated Robotic Companion) berupa robot seperti manusia hasil cetakan tiga dimensi (3D).

“Kami memonitor bagaimana tanggapan partisipan atas robot dan secara meyakinkan menemukan bahwa mereka memberi perhatian lebih lama dan menikmatinya. Kenyataan bahwa sebuah robot bisa melakukan kesalahan yang biasa, lupa fakta dan mengungkapkan emosi, seperti yang dilakukan manusia,” jelas Biswas.

“Kami menunjukkan bahwa kelemahan dalam karakter; mereka membantu manusia untuk memahami, berhubungan, dan berinteraksi dengan robot secara lebih mudah.”

Temuan ini sudah dipaparkan dalam Konferensi Internasional tentang Kecerdasan Robot dan Sistem di Hamburg, Jerman, awal Oktober.

Tinggalkan komentar